Panduan 18 Hari Mempersiapkan Tubuh Agar Cepat Hamil

Jadi, Anda siap hamil? Selamat! Membuat keputusan untuk mencoba memperoleh kehamilan adalah salah satu keputusan yang sangat besar dan berani.

Tetapi apakah tubuh Anda siap untuk kehamilan? Berikut adalah daftar hal yang dapat Anda lakukan di bulan yang akan datang untuk mempersiapkan diri Anda untu memperoleh kehamilan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Hari 1-7

Hari 1: Hentikan Kontrol Kelahiran

Jika Anda ingin hamil, Anda harus menghentikan segala bentuk kontrol kelahiran yang Anda gunakan. Anda bisa segera hamil setelah menghentikan beberapa jenis kontrasepsi seperti pil KB. Bahkan, banyak wanita mendapatkan periode pertama mereka dalam waktu dua minggu setelah berhenti minum pil.

Ketika Anda mulai menstruasi, demikian juga siklus pertama Anda untuk mencoba hamil. Beberapa wanita hamil segera, tetapi untuk yang lain, dibutuhkan beberapa bulan.

Hari 2: Mulai Multivitamin

Kehamilan memajaki toko nutrisi tubuh. Beri diri Anda dorongan dengan mengambil multivitamin untuk menjembatani celah apa pun. Lebih baik lagi, vitamin prenatal secara khusus diformulasikan untuk memberikan tubuh Anda apa yang dibutuhkan selama kehamilan.

Memulai prenatal sekarang akan membantu Anda menghindari defisiensi nutrisi selama awal kehamilan. Anda juga memiliki waktu untuk mencoba beberapa merek untuk melihat apa yang berhasil untuk tubuh Anda.

Hari 3: Tambahkan Asam Folat

Selain vitamin prenatal Anda, Anda mungkin memerlukan suplemen asam folat atau folat ekstra untuk mencegah cacat tabung saraf selama kehamilan awal. Pastikan Anda mengonsumsi setidaknya 400 hingga 800 mikrogram asam folat per hari. Banyak vitamin pranatal yang dijual bebas sudah mengandung jumlah ini. Pastikan untuk memeriksa label.

Setelah Anda hamil, dokter Anda mungkin akan meresepkan pranatal yang mengandung jumlah yang lebih tinggi.

Hari 4: Makanlah dengan Baik

Anda juga bisa mendapatkan banyak vitamin dan mineral yang Anda butuhkan dari makan makanan yang sehat dan seimbang. Nikmati makanan utuh dari apa pun yang diproses. Jika anggaran Anda memungkinkan, Anda juga mungkin ingin memasukkan lebih banyak buah dan sayuran organik ke dalam diet  Anda untuk membatasi paparan racun.

Hari 5: Latihan

Memindahkan tubuh Anda setidaknya empat hingga lima kali seminggu adalah cara lain yang bagus untuk mempersiapkan kehamilan. Targetkan untuk mendapatkan setidaknya 30 menit aktivitas moderat dengan total 150 menit setiap minggu.

Hari 6: Dapatkan Fisik

Mengikuti fisik setiap tahun akan membantu menangkap masalah kesehatan sebelum menjadi parah. Ketika Anda bersiap untuk hamil, mereka sangat penting. Dokter Anda akan memeriksa Anda dan mungkin mengambil beberapa pekerjaan darah untuk memeriksa kadar kolesterol dan banyak lagi. Pada kunjungan ini, Anda juga dapat memunculkan masalah kesehatan lain yang mungkin Anda miliki.

Hari 7: Periksa Vaksinasi

Penunjukan fisik Anda juga merupakan peluang besar untuk mendapatkan vaksinasi yang mungkin telah berakhir (tetanus, rubella, dll.). Vaksinasi dapat membantu menjaga Anda dan bayi Anda sehat dan terlindungi.

Hari 8-15

Hari 8: Jadwalkan Kunjungan Prakonsepsi

Bergantung pada sejumlah faktor (usia, masalah kesuburan sebelumnya, dll.), Anda mungkin juga ingin menjadwalkan kunjungan prakonsepsi khusus dengan dokter kandungan Anda. Beberapa bidang pemeriksaan ini mungkin tumpang tindih dengan fisik Anda, jadi pastikan untuk membawa pertanyaan-pertanyaan reproduksi spesifik yang mungkin Anda miliki.

Hari 9: Lacak Siklus Anda

Terlepas apakah Anda sudah menggunakan KB atau tidak, sekarang saatnya untuk menjadi akrab dengan siklus menstruasi Anda. Mempersempit jendela ketika Anda paling subur akan membantu Anda hamil lebih cepat.

Hari ke-10: Batasi Paparan Toksin

Jumlah paparan racun yang tinggi dapat berbahaya bagi bayi yang sedang berkembang. Cobalah untuk menurunkan ekspos terhadap pelanggar umum dengan:

  • menghindari wewangian sintetis
  • akan Bisphenol-A (BPA) –gratis
  • memilih produk perawatan rumah dan pribadi yang bebas bahan kimia
  • melewatkan layanan kecantikan tertentu

Hari ke-11: Latihan Stress Relief

Membangun outlet bantuan stres yang baik sekarang akan membantu Anda selama kehamilan dan di tahun pertama kehidupan bayi Anda yang sibuk.

Merasa stres? Cobalah berjalan santai, berlatih beberapa latihan pernapasan dalam, atau melakukan hal lain yang membuat Anda bahagia.

Hari ke 12: Coba Yoga

Yoga memiliki sejumlah manfaat untuk kesuburan Anda. Melakukan latihan yoga secara teratur dapat membantu emosi dan kecemasan Anda terkait dengan proses konsepsi. Anda juga akan memperkuat dan meregangkan tubuh Anda dalam persiapan untuk kehamilan.

Hari 13: Hentikan Tembakau, Alkohol, dan Narkoba

Merokok, menggunakan narkoba, dan minum alkohol dapat membahayakan bayi yang belum lahir dalam beberapa cara. Merokok menghadapkan bayi Anda ke bahan kimia berbahaya, membatasi aliran darah, dan bahkan dapat menyebabkan persalinan prematur.

Hari 14: Berhubungan Seks

Tolaklah mengubah seks menjadi tugas dari awal. Sering-seringlah dan untuk bersenang-senang. Bersikap spontan dan bergairah. Lagi pula, seks adalah apa yang mungkin membuat Anda hamil.

Hari 15: Capai Berat Badan Sehat Anda

Apakah Anda tahu indeks massa tubuh Anda (BMI)? Dokter Anda mungkin akan menghitung angka ini di fisik Anda. Jika BMI Anda jatuh ke dalam kategori kelebihan berat badan atau obesitas, bicarakan dengan dokter Anda tentang strategi sehat untuk menurunkan berat badan. Jika BMI Anda dalam kategori kurang berat, juga berbicara dengan dokter Anda.

Hari 16-18

Hari ke-16: Pelajari Bagaimana Konsepsi Bekerja

Meningkatkan peluang Anda untuk hamil dengan membaca tentang dasar-dasar. Planned Parenthood menyediakan sumber yang bagus untuk memahami bagaimana kehamilan terjadi.

Untuk memulai, Anda harus melakukan hubungan seks selama jendela subur agar sperma bisa bertemu dengan sel telur sebelum atau ketika telur tersebut baru dilepaskan ke dalam tubuh Anda. Dari sana, telur yang dibuahi mengalir ke saluran telur dan perlu ditanamkan di uterus agar kehamilan tetap melekat. Setengah dari semua telur yang dibuahi tidak diimplantasi dan disiram dengan siklus menstruasi Anda.

Hari ke-17: Bekerja di Sekitar

Mungkin pekerjaan yang saat ini tengah Anda lakukan akan menuntut Anda baik secara fisik atau bahkan mental, atau bahkan pekerjaan Anda membutuhklan beberapa tindakan berbahaya. Namun melakukan beberapa pekerjaan yang berat akan mempengaruhi kesehatan tubuh serta mengurangi peluang Anda untuk bisa cepat hamil.

Anda bisa mendiskusikan kekhawatiran Anda ini dengan pasangan atau rekan kerja Anda.

Hari ke-18: Berkomunikasi

Anda mungkin hamil dalam beberapa siklus pertama untuk mencoba, tetapi sering kali membutuhkan pasangan yang lebih lama untuk melihat tanda positif. Sebelum mulai mencoba untuk hamil, pastikan Anda terbuka dan jujur dengan pasangan Anda. Membicarakan masalah atau frustrasi yang Anda miliki di jalan menuju bayi adalah kunci untuk menjaga hubungan Anda tetap sehat.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *