Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Menjalani Program Hamil

Dalam merencanakan kehamilan, anda tentunya harus menyiapkan dan menjalani beberapa hal. Selain memenuhi asupan nutrisi anda juga harus memperhatikan kesehatan tubuh dan menjaganya agar tetap bugar.

Namun anda juga tidak bisa sembarangan mencoba berbagai macam olahraga. Ketika menjalankan program hamil anda tidak boleh terlalu kelelahan. Anda bisa memilih beberapa olahraga dibawah ini yang baik untuk anda yang sedang menjalani program hamil.

Olahraga yang disarankan promil

Aerobik

Dalam melakukan aerobik anda juga tidak disarankan melakukan aerobik yang akan menyebabkan kelelahan berlebih. Anda cukup melakukan gerakan berjalan, joging, dan anda yang sedang menjalankan program hamil juga disarankan untuk bersepeda atau berenang. Anda bisa melakukannya 3 kali dalam seminggu dengan durasi 1 jam.

Strengthening (memperkuat tubuh)

Olahraga ini dianjurkan untuk menguatkan otot punggung atas, punggung bawah, perut, tungkai atas dan tungkai bawah. Lakukan olahraga ini selama 2-3 kali dalam seminggu dengan durasi 8-15 kali ulangan sebanyak 1-3 kali set.

Flexibility (kelenturan)

Flexybility akan membantu otot-otot anda menjadi lebih lentur dan lebih rileks. Olahraga ini misalnya yoga. Olahraga ini sebaiknya dilakukan sebagai selingan dari olahraga aerobik untuk mengurangi cedera dan merileksasi tubuh dan akan membantu meningkatkan kesuburan anda.

Yoga

Gerakan yoga ini biasanya dipusatkan pada sekitar pinggang, panggul, tulang belakang dan perut. Cara ini akan meningkatkan dan melancarkan aliran darah. Juga meningkatkan kelenturan pada area kehamilan.

Gerakan-gerakan dalam yoga juga bisa meningkatkan aliran darah pada organ reproduksi, mengurangi stres dan mengatur fungsi hormon agar berjalan dengan normal. Semua gerakannya juga dapat menstimulasi ovulasi dan membuat rahim menjadi lebih kondusip dalam terjadinya konsepsi.

Meditasi

Selain untuk merileksasi fikiran, meditasi juga merileksasi tubuh anda. karena ketika anda menjalani program hamil bukan tidak mungkin anda terserang stres karena tekanan lingkungan atau ketegangan karena berharap agar segera mendapatkan momongan. Sehingga akan berdapmpak buruk pada program yang sedang anda lakukan.

Oleh karena itu anda bisa rutin melakukan meditasi agar memiliki fikiran yang damai dan tubuh yang santai sehingga anda akan tetap fit dan aktif.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *