Makanan Penyebab Kanker Serviks

 

Penyebab yang paling utama dan paling umum dari kanker serviks adalah karena infeksi Human Papiloma Virus (HPV) virus ini biasanya menginfeksi pada bagian dinding Rahim, dan jika dibiarkan akan terus menyebar dan berkembang menjadi sel kanker.

Namun selain infeksi HPV beberapa penyebab lain bisa jadi dapat meningkatkan resiko seorang wanita mengalami kanker serviks, salah satunya adalah makanan. Beberapa makanan ternyata bisa memicu terjadinya kanker serviks.

Seperti yang sudah diketahui bahwa kanker serviks ini merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum perempuan karena merupakan salah satu penyebab terbesar kematian perempuan. Kanker serviks ini menyerang pada bagian dinding Rahim yang terhubung pada bagian vagina.

Pola makan yang tidak sehat dikatakan menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker serviks. Dan saat ii semakin banyak makanan yang mengandung baha-bahan kimia yang bisa memicu terjadinya kanker serviks.

Makanan pemicu kanker serviks

Beberapa makanan dibawah ini merupakan makanan yang bisa memicu kanker serviks, oleh karena itu sebaiknya anda mengurangi mengonsumsinya atau bahkan menghindari mengonumsinya, beberapa makanan tersebut adalah:

Makanan yang mengandung alkohol

Pada dasarnya makanan atau minuman yangmengandung alkohol memang sudah tidak baik untuk kesehatan, sehingga alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan akan memicu berbagai macam penyakit dan salah satunya dalah kanker serviks.

Oleh karena itu sebaiknya anda mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung alkohol, makanan tersebut diantaranya adalah cake yang mengandung alkohol, tape.

Soft drink

Minuman soft drink ini memiliki kandungan kaloru yang sangat tinggi, selain itu gula yang tinggi dan zat buatan lainnya yang tidak memiliki  nutrsi banyak terkandung pada minuman soft drink ini. Oleh karena itu sebaiknya anda mengurangi mengonsumsinya.

Pad setiap satu kaleng minuman soft drink mengandung gula yang bersifat korosif, sama dengan zat asam yang terkandung dalam batu baterai. Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi minuman bersoda selama 2 kali dalam seminggu akan meningkatkan resiko mengalami kanker hingga dua kali lipat.

Makanan yang dipanaskan dengan microwave

Makanan yang dipanaskan pada dasarnya memang tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika dipanaskan dengan microwave dan menggunakan wadah plastic. Pada microwave terdapat bahan kimia yang digunakan untuk memastikan makanan tetap segar saat akan dikonsumsi. Padahal bahan kimia yangterdapat pada microwave ini bisa menyebabkan kanker.

Makanan berlemak

Mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak memiliki lebih besar resiko untuk terkena kanker serviks dibandingkan dengan wanita yang lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Lemak biasanya akan memperoduksi hormon estrogen, dan Rahim yang sering terpapar hormon estrogen akan memicu terjadinya kanker.

Makanan diet

Makanan diet mungkin anda anggap sebagai makanan sehat karena memiliki kalori yang rendah, padahal dibalik semua itu makan diet biasanya memiliki kandungan pemanis buatan yang bisa memicu kanker dan salah satunya adalah kanker serviks.

Makanan yang diolah dengan suhu tinggi

Cara mengolah makanan yang menggunakan suhu tinggi dan menggunakan minyak goreng yang sama berkali kali bisa memicu terjadinya kanker, karena sel tubuh akan mengalami perubahan yang lebih cepat.

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan kemudian digoreng maka akan terurai yang kemudian akan bereaksi dengan asam amino dan menghasilkan senyawa karsinogenetik yang bernama akrilamida sebagai zat pemicu kanker. Salah satu makanan yang mengandung akrilamida cukup tinggi adalah keripik kentang.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *