Cara Meningkatkan Kemungkinan Anda Mendapatkan Hamil

Setelah pasangan membuat keputusan untuk memiliki bayi, banyak wanita berusaha melakukan apa pun yang mereka bisa untuk memperoleh kehamilan selama siklus berikutnya. Tetapi penting untuk diingat bahwa memperoleh kehamilan nyatanya bisa memakan waktu.

Seorang wanita berusia 30 tahun yang sehat hanya memiliki 20% kemungkinan untuk hamil setiap bulan. Itu normal untuk mengambil beberapa bulan atau lebih lama.

Jika Anda ingin hamil, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk “di coba” agar lebih efektif dalam memperoleh kehamilan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengetahui Waktu yang Tepat

Salah satu cara yang tepat agar Anda bisa meningkatkan peluang untuk memperoleh kehamilan yaitu dengan memastikan bahwa Anda mampu melakukan hubungan intim atau hubungan seksual di saat dan waktu yang tepat.

Jika Anda memiliki siklus teratur, Anda akan berovulasi sekitar dua minggu sebelum periode Anda. Itu artinya masa kesuburan Anda akan berlangsung selama 7 hari sebelum masa ovulasi.

Jika Anda memiliki siklus yang tidak teratur, itu bisa menjadi sedikit lebih sulit untuk memprediksi kapan Anda akan berovulasi dan kapan jendela subur Anda akan.

Ada sejumlah teknik yang dapat Anda gunakan untuk lebih tepat menentukan ovulasi dan jendela subur Anda, diantaranya adalah:

  • Ovulation predictor kit. Kit ini mirip dengan tes kehamilan urin, Anda akan buang air kecil di strip tes setiap pagi, mulai beberapa hari sebelum Anda berpikir Anda akan mengalami ovulasi. Strip tes mendeteksi luteinizing hormone (LH). Ini lonjakan tepat sebelum ovulasi. Setelah Anda mendapatkan hasil positif (periksa instruksi tes Anda untuk rincian), Anda harus melakukan hubungan seks hari itu dan untuk beberapa hari ke depan. Alat tes ini tersedia di konter di apotek terdekat.
  • Suhu tubuh basal. Dengan mengukur suhu tubuh basal Anda setiap pagi sebelum bangun dari tempat tidur, Anda mungkin bisa mendeteksi kenaikan suhu yang sangat kecil selama tiga pagi berturut-turut. Kenaikan suhu mungkin sesedikit setengah derajat. Ini bisa menjadi sinyal jendela subur Anda dan menunjukkan bahwa Anda harus melakukan hubungan seks.
  • Lendir serviks berubah. Saat folikel ovarium (kantung kecil di ovarium yang berisi telur matang) berkembang, kadar estrogen Anda naik. Peningkatan estrogen ini menyebabkan lendir serviks Anda menjadi tipis dan licin. Anda mungkin juga memperhatikan peningkatan lendir serviks. Ketika Anda mulai melihat perubahan ini, Anda harus mulai berhubungan seks setiap hari atau setiap hari sampai ovulasi. Begitu ovulasi terjadi, lendir serviks Anda akan menjadi tebal dan lengket. Itu juga mungkin tampak keruh.
  • Pemantauan folikel. Jika Anda mengalami kesulitan melacak ovulasi menggunakan metode di atas, Anda dapat berbicara dengan dokter tentang opsi Anda. Beberapa dokter akan memantau Anda dengan tes hormon darah rutin dan ultrasound ovarium Anda. Ini akan membantu Anda mengetahui dengan tepat kapan ovulasi Anda akan terjadi.

Kapan Harus Bercinta

Faktanya banyak sekali mitos mengenai seks, kesuburan serta cara untuk cepat memperoleh kehamilan. Beberapa di antaranya merekomendasikan posisi yang berbeda atau menjaga pinggul terangkat setelah berhubungan seks untuk jangka waktu tertentu.

Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa jika seorang wanita mengalami atau memperoleh orgasme, maka konsepsi akan memiliki peluang yang cukup besar untuk terjadi. Namun sayangnya tidak ada study yang mendukung ungkapan tersebut.

Tubuh Sehat, Kehamilan Sehat

Sebelum mencoba hamil, Anda harus mencoba untuk menjadi sehat mungkin. Bahkan, kebanyakan dokter akan menyarankan Anda membuat janji dengan dokter kandungan sebelum hamil.

Pada kunjungan prakonsepsi ini, Anda akan berbicara tentang masalah kesehatan yang ada dan disaring untuk penyakit genetik. Anda juga dapat mengatasi masalah kesehatan lainnya yang mungkin Anda miliki.

Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk mengubah gaya hidup sebelum hamil. Hal ini mungkin akan menycakup beberapa hal, diantaranya adalah:

  • mendapatkan berat badan yang sehat
  • meningkatkan pola makan / kebiasaan berolahraga
  • menghilangkan alkohol atau rokok
  • mengurangi kafein

Anda juga harus mulai mengonsumsi vitamin pranatal dengan setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap hari segera setelah Anda memutuskan untuk mulai mencoba hamil. Ini untuk mengurangi resiko cacat lahir tertentu.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *