Cara Ampuh Meningkatkan Kesuburan Pria

 

Infertilitas adalah masalah yang berkembang di seluruh dunia. Ini mempengaruhi sekitar satu dari setiap enam pasangan, dan peneliti memperkirakan sekitar satu dari tiga kasus adalah karena masalah kesuburan pada pasangan pria saja.

Meskipun ketidaksuburan tidak selalu dapat diobati, terkadang dapat ditingkatkan dengan diet yang sehat, suplemen, dan strategi gaya hidup lainnya.

Apa itu Infertilitas Pria?

Kesuburan mengacu pada kemampuan orang untuk mereproduksi dengan cara alami. Ketidak suburan seorang laki-laki yaitu ketika seorang pria memiliki gagal membuat pasangannya memperoleh kehamilan, padahal pasangan tersebut memiliki indeks kesehatan yang baik. Hal tersebut biasanya akan sangat tergantung pada tingkat kualitas sel sperma yang diproduksi.

Aspek-aspek fungsi seksual dan kualitas semen berikut dapatmem pengaruhi kesuburand iantaranya adalah:

  • Libido
  • Disfungsi ereksi
  • Jumlah sperma
  • Motilitas sperma
  • Kadar testosteron

Infertilitas sendiri bisa terjadi karena beberapa hal, yang memang akan sangat tergantung pada kesehatan tubuh, genetika, kebugaran, kontaminan diet dan juga riwayat penyakit. Bukan hanya itu, gaya hidup yang sehat serta diet sehat memiliki peranan yang cukup penting untuk meningkatkan kesuburan.

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Berikut adalah cara yang didukung oleh ilmu pengetahuan untuk meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan pada pria, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil Suplemen Asam Aspartat

Asam D-aspartat (D-AA) merupakan salah satu bentuk asam aspartate, yang mana asam ini sejenis dengan asam amino yang banyak dijual dipasaran sebagai suplemen untuk makanan, dan seharunya Anda tidak lagi dibingungkan dengan asam-asam L-aspartic, yang mana mampu membentuk struktur banyak protein dan jauh lebih umum daripada D-AA.

  1. Berolahraga Secara Teratur

Berolah raga tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri dan kinerja fisik Anda , tetapi juga meningkatkan kadar testosteron Anda. Ketika seorang pria mampu berolahraga secara teratur, maka besar kemungkinan mereka memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan kualitas air mani yang lebih baik daripada pria yang tidak aktif dalam berolahraga.

 

Akan tetapi, Anda juga harus menghindari bentuk olahraga  yang  terlalu tingggi atau bahkan terlalu berat, karena kondisi ini mampu memberikan efek yang buruk untuk kualitas sperma Anda bahkan mampu mengurangi kadar testosteron.

  1. DapatkanCukup Vitamin C

Stresoksidatif merupakan salah satu kondisi dimana spesies oksigen reaktif atau bisa dikatakansebagai SOR mampu mencapai tingkatan yang sangat berbahaya di dalamtubuh. Kondisi ini umumnya akan terjadi ketika pertahanan antioksi dan tubuh sendiri kewalahan karena penyakit, usia tua, gaya hidup yang tidak sehat atau pencemaran lingkungan.

SOR  sendiri akan terus-menerus diproduks itubuh, namun kadar sehat yang terdapat di dalam tubuh setiap orang akan berbeda-beda. Ketika kadar SOR tinggi, maka dipastikan mampu meningkatkan peluang cedera jaringan serta mengakibatkan peradangan.

Asupan antioksidan yang memadai, seperti vitamin C, dapat membantu mengatasi beberapa efek berbahaya ini. Bukan hanya itu, dengan mengkonsumsi asupan vitamin C dengan cukup juga ternyata mampu meningkatkan kualitas semen.

  1. Bersantai dan Minimalkan Stres

Penting untuk diketahui, bahwa stress ternyata bisa mengurangi kepuasan seksual Anda bersama pasangan, bahkan bisa mengganggu tingkat kesuburan Anda.

Selain itu, stress yang terjadi dalam kurun beberapa waktu atau stress yang berkepanjangan mampu meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh, yang mana hal tersebut memiliki dampak yang sangat buruk. Ketika kadar kortisol meningkat, kadar testosteron cenderung menurun. Sementara kecemasan yang beratdantidakdapatdijelaskanbiasanyadiobatidenganobat-obatan, bentukstres yang lebih ringan dapat dikurangi dengan berbagai teknik relaksasi.

Penanganan stres dapat sesederhana seperti berjalan-jalan di alam, bermeditasi, berolahraga atau menghabiskan waktu bersama teman-teman.

  1. Dapatkan Cukup Vitamin D

Vitamin D ternyata merupakan salah satu nutrisi yang dipercaya bisa meningkatkan kadar testosterone. Bukan hanya itu, kadar vitamin D yang tinggi terkait dengan motilitas sperma yang lebih besar, tetapi bukti itu bertentangan

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *