Bolehkah menyusui saat hamil?

Pada saat yang sama, memelihara 2 anak, satu sudah lahir dan yang satu masih dalam kandungan bukanlah sesuatu yang biasa yang dialami setiap wanita.

Jika anak pertama belum disapih, Anda mendapati diri Anda hamil untuk kedua kalinya.Segera serangkaian pertanyaan dan kekhawatiran muncul di kepalanya: Bisakah saya menyusui saat hamil? Apa saja yang dapat mempengaruhi janin di perut? Bisakah saya memberi makan dua bayi sekaligus?

Semua emosi dan pertanyaan-pertanyaan ini sepenuhnya dapat dimengerti. Dan untuk dapat membuat keputusan terbaik untuk Anda dan anak Anda, pertama-tama pelajari tentang manfaat dan risiko hamil dan menyusui serta kesiapan diri Anda dan bayi Anda.

Bolehkah menyusui saat hamil?

Banyak ibu khawatir tentang menyusui selama kehamilan yang menyebabkan kontraksi rahim. Namun, jika kehamilan benar-benar normal, kontraksi ini tidak menjadi masalah, sulit untuk menyebabkan keguguran. Karena oksitosin – hormon yang diproduksi saat menyusui, memiliki kemampuan untuk merangsang kontraksi rahim – seringkali diproduksi dalam jumlah yang sangat kecil. Kontraksi ini tidak berbahaya bagi janin.

Selain itu, sejumlah kecil hormon yang diproduksi selama kehamilan juga akan ditransfer ke ASI. Namun, hormon ini juga tidak memengaruhi menyusui bayi.

Meskipun menyusui selama kehamilan pada dasarnya aman, masih ada beberapa kasus seperti di bawah ini, ibu disarankan untuk beralih untuk menyusui anaknya sepenuhnya:

  • Kenakan suara berisiko tinggi atau risiko kelahiran prematur
  • Kehamilan ganda
  • Direkomendasikan oleh dokter untuk membatasi hubungan seksual selama kehamilan
  • Pendarahan atau nyeri rahim

Apakah bayi sudah siap disapih?

Aspek penting lain yang perlu dipertimbangkan ketika Anda mengetahui bahwa Anda hamil saat menyusui adalah apakah bayi Anda menyusui cukup besar untuk dimakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi ini termasuk usia, kepribadian bayi, serta reaksi psikologis dan fisiknya terhadap kehamilannya.

Biasanya, suplai ASI berkurang pada bulan ke-4 dan ke-5 kehamilan. Hal ini menyebabkan perubahan dalam rasa susu dan dapat membuat bayi Anda tidak nyaman dan menyapih diri lebih cepat dari yang Anda kira.

Demikian pula, Anda juga mungkin bertanya-tanya bahwa Anda siap menyapih diri sendiri, bagaimana kehamilan memengaruhi hubungan Anda dengan anak yang lebih besar? Pada saat ini, apakah menyusui terutama karena nutrisi atau perasaan yang menyenangkan?

Pertimbangan-pertimbangan ini merupakan faktor penting bagi Anda untuk mengontrol kesehatan Anda serta perkembangan yang sehat dari anak Anda yang lebih tua jika mereka belum berusia 6 bulan – usia harus disusui sepenuhnya. Sementara itu, menyapih bayi mungkin lebih suka makan di luar daripada menyusui ketika mereka melihat pasokan ASI berkurang.

Kesulitan saat menyusui saat hamil

Menyusui selama kehamilan sangat bermanfaat tetapi ada juga beberapa tantangan. Misalnya, Anda akan menghadapi beberapa masalah fisik seperti muntah saat menyusui dan puting asam. Hampir 75% wanita hamil memiliki puting masam.

Selain itu, beberapa wanita khawatir tentang bayinya selama kehamilan dapat membuat kondisinya semakin parah. Namun, menyusui tidak terlalu sulit. Anda dapat duduk atau berbaring untuk menyusui dan menikmati saat-saat santai tubuh Anda dan menyaksikan kepuasan anak Anda ketika Anda kenyang.

Pastikan nutrisi yang baik

Jika Anda memutuskan untuk menyusui bayi Anda bahkan jika Anda sedang hamil, sangat penting bahwa Anda makan dengan baik untuk memastikan kesehatan Anda, menyusui dan janin di perut. Jumlah kalori yang Anda butuhkan untuk melengkapi tubuh Anda tergantung pada usia bayi Anda. Anda perlu makan sekitar 500 kalori / hari jika bayi Anda makan makanan lain atau 650 kalori / hari jika bayi Anda berusia kurang dari 6 bulan dan disusui sepenuhnya.

Pada kehamilan kedua, Anda perlu meningkatkan asupan kalori dengan menambahkan 350 kalori dan 450 kalori pada kehamilan ketiga Anda.Jika Anda berada di kehamilan pertama dan merasa sulit makan karena mual di pagi hari, Anda dapat yakin sekarang. Anda tidak perlu menambahkan kalori.

Menyusui selama kehamilan adalah keputusan yang mencakup faktor kesehatan dan emosional. Jika Anda siap secara fisik dan psikologis, tidak ada alasan untuk menghentikan Anda dari melakukan apa yang Anda inginkan!

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *