Bisakah Kehamilan Terjadi Setelah Penggunaan Pil KB Dihentikan?

Seperti yang kita ketahui ya moms, bahwa pil KB adalah salah satu alat yang kerap kali di gunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Ada berbagai jenis pil dengan berbagai jumlah hormon. Agar bisa mencegah terjadinya kehamilan, maka biasanya pil kb memiliki tingkatan kemanjuran yang berbeda, terutama ketika di minum setiap hari serta di waktu yang sama setiap harinya.

Yang kerap kali menjadi pertanyaan adalah, apa yang akan terjadi ketika seorang wanita berhenti mengkonsumsi pil kb? Jawabannya pada akhirnya tergantung pada di mana Anda berada dalam siklus menstruasi Anda.

Jika Anda berhenti mengkonsumsi pil kb tersebut di tengah siklus Anda, maka dipastikan Anda bisa segera memperoleh kehamilan. Namun jika Anda mengkonsumsi pil Kb hingga 1 bulan penuh, biasanya kehamilan akan segera Anda peroleh ketika siklus Anda kembali normal. Penting untuk mengetahui bahwa hanya mengonsumsi pil untuk sementara waktu tidak menawarkan efek jangka panjang setelah Anda berhenti – harus diminum setiap hari untuk mencegah kehamilan.

Apa yang akan terjadi jika konsumsi pil kombinasi dihentikan?

Pil kb kombinasi merupakan salah satu bentuk kontrasepsi oral yang paling umum di gunakan setiap pasangan. Pil ini nyatanya mengandung estrogen dan progestin. Ketika Anda mengkonsumsi pil tersebut setiap hari, maka biasanya pil tersebut akan melindungi diri terhadap kehamilan dengan cara melepas sel telur selama masa ovulasi.

Tingkat keberhasilan dalam memperoleh kehamilan setelah berhenti mengkonsumsi pil kb akan sangat tergantung terhadap jenis pil kombinasi seperti apa yang Anda gunakan. Jika moms menggunakan pil kombinasi jenis konvensional, yang mana pil ini memiliki waktu selama 3 minggu keaktifannya, maka besar kemungkinan waktu yang tepat untuk hamil adalah di bulan selanjutnya setelah Anda menstruasi.

Apa yang akan terjadi jika konsumsi pil progestin dihentikan?

Sama seperti namanya, pil progestin ini hanya memiliki kandungan progestin. Maka dari itu, pil ini tidak memkiliki waktu tertentu untuk keaktifannya.

Pil tersebut ternyata tidak mengandung esterogen, maka dari itu keampuhan pil tersebut sangatlah rendah. Bahkan diperkirakan ada sekitar 13 orang dari setiap 100 wanita yang mengkonsumsi pil tersebut akan memperoleh kehamilan setiap tahunnya. Itu artinya, Anda akan memiliki peluang yang cukup besar memperoleh kehamilan setelah Anda berhenti mengkonsumsi pil tersebut.

Apa yang harus dilakukan agar cepat hamil?

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh kehamilan setelah melepaskan pil kb, ada yang langsung menghentikan konsumsi pil di tengah-tengah pak, ada juga yang menghabiskan terlebih dahulu pil tersebut selama 1 bulan penuh kemudian menghentikannya. Dan cara pertama bukanlah cara yang baik, karena menghentikan konsumsi pil di tengah-tengah bak mampu mengubah siklus menstruasi dan ovulasi Anda. Sebaiknya Anda selesaikan terlebih dahulu bak pil kb tersebut paling tidak selama 1 bulan penuh, agar Anda memperoleh siklus menstruasi normal.

Salah satu pemahaman yang kerap kali menjadi kesalahan umum yaitu bahwa pil mampu mengurangi tingkat kesuburan. Yang harus diingat disini adalah, bahwa pil kb tidak akan mempengaruhi keusburan Anda, dan mungkin Anda hanya membutuhkan beberapa bulan saja untuk mengembalikan siklus normal Anda ya moms.

Intinya, pil kb yang Anda konsumsi tidak akan mempengaruhi masa subur Anda, jadi jika Anda ingin menghentikan konsumsi pil dan berharap segera hamil maka Anda bisa melakukannya. Dengan catatan Anda bisa menjalankan pola hidup sehat dan teruslah jaga kesehatan tubuh Anda ya moms.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *