6 Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Masalah kesuburan mepengaruhi hingga 15% pasangan. Untungnya, ada beberapa cara alami untuk meningkatkan kesuburan Anda dan menjadi hamil lebih cepat. Bahkan, perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu meningkatkan kesuburan hingga 69%.

Berikut adalah 5 cara alami untuk meningkatkan kesuburan agar Anda bisa cepat hamil, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Makan Makanan yang Kaya Antioksidan

Antioksidan seperti folat dan seng dapat meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita. Antioksidan menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh Anda, yang dapat merusak sel sperma dan sel telur.

Salah satu penelitian terhadap pria dewasa dan muda menemukan bahwa makan 75 gram kenari kaya antioksidan per hari meningkatkan kualitas sperma.

Studi lain yang diikuti 60 pasangan menjalani fertilisasi in-vitro menemukan bahwa mengambil suplemen antioksidan menghasilkan kemungkinan 23% lebih besar dari konsepsi.

Makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian dikemas penuh dengan antioksidan yang bermanfaat seperti vitamin C dan E, folat, beta-karoten dan lutein.

  1. Makan Sarapan Lebih Banyak

Makan sarapan yang substansial dapat membantu wanita dengan masalah kesuburan. Satu studi menemukan bahwa makan sarapan yang lebih besar dapat meningkatkan efek hormonal dari sindrom ovarium polikistik (PCOS), penyebab utama infertilitas.

Untuk wanita dengan berat badan normal dengan PCOS, makan sebagian besar kalori mereka saat sarapan mengurangi kadar insulin hingga 8% dan kadar testosteron hingga 50%. Tingkat tinggi dapat berkontribusi pada infertilitas.

Selain itu, wanita-wanita ini berovulasi 30% lebih banyak daripada wanita yang makan sarapan lebih kecil dan makan malam yang lebih besar, menunjukkan peningkatan kesuburan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meningkatkan ukuran sarapan Anda tanpa mengurangi ukuran makan malam Anda kemungkinan akan menyebabkan kenaikan berat badan.

  1. Hindari Lemak Trans

Makan lemak sehat setiap hari penting untuk meningkatkan kesuburan. Namun, lemak trans dikaitkan dengan peningkatan resiko infertilitas ovulasi, karena efek negatifnya terhadap sensitivitas insulin.

Lemak trans umumnya ditemukan dalam minyak sayur terhidrogenasi dan biasanya ada dalam beberapa margarin, makanan yang digoreng, produk olahan dan makanan yang dipanggang.

  1. Kurangi Karbohidrat

Mengikuti diet rendah karbohidrat umumnya direkomendasikan untuk wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Diet rendah karbohidrat dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, mengurangi kadar insulin dan mendorong kehilangan lemak, semua sambil membantu keteraturan menstruasi.

  1. Kurangi Konsumsi Karbohidrat Halus

Bukan hanya jumlah karbohidrat yang penting, tetapi juga jenisnya. Karbohidrat olahan mungkin sangat bermasalah. Karbohidrat olahan termasuk makanan manis dan minuman dan biji-bijian olahan, termasuk pasta putih, roti dan nasi.

Karbohidrat ini diserap sangat cepat, menyebabkan lonjakan gula darah dan kadar insulin. Karbohidrat olahan juga memiliki indeks glikemik tinggi (GI).

  1. Makan Lebih Banyak Serat

Serat membantu tubuh Anda menyingkirkan kelebihan hormon dan menjaga keseimbangan gula darah. Beberapa contoh makanan berserat tinggi adalah gandum utuh, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Beberapa jenis serat dapat membantu menghilangkan kelebihan estrogen dengan mengikatnya di usus. Estrogen berlebih kemudian dikeluarkan dari tubuh sebagai produk buangan.

Satu studi menemukan bahwa makan 10 gram lebih banyak serat sereal per hari dikaitkan dengan 44% risiko rendah infertilitas ovulasi pada wanita yang lebih tua dari 32 tahun.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *